Hasil Klasemen Copa America 2021: Dominasi Brasil & Argentina, Nasib Uruguay di Ujung Tanduk

Berikut ini hasil klasemen terbaru perhelatan Copa America 2021, dimana Brasil dan Argentina masih mendominasi grupnya masing masing. Baik Brasil dan Argentina saat ini masih menjadi pemuncak klasemen grup masing masing di Copa America 2021. Sebagaimana misal Brasil yang baru saja menyegel posisi puncak klasemen sementara Grup B Copa America 2021.

Kepastian Brasil menyegel posisi teratas didapatkan setelah melewati hadangan Kolombia di Stadion Nilton Santos, Kamis (24/6/2021) pagi. Brasil yang menjadi tuan rumah turnamen menang secara dramatis dalam laga yang berakhir kedudukan dengan skor 2 1 tersebut. Tim Samba bahkan harus tertinggal terlebih dahulu setelah Kolombia mampu mencetak gol pembuka laga pada menit 10.

Gol menawan yang dicetak Luis Diaz melalui tendangan salto berhasil membawa Kolombia unggul pada babak pertama. Usaha Brasil baru membuahkan hasil ketika pemain pengganti yakni Roberto Firmino mencetak gol penyama kedudukan. Sempat diwarnai protes keras yang dilakukan para peman Kolombia lantaran bola sempat mengenai tubuh sang pengadil lapangan sebelum gol Firmino terjadi pada menit 78.

Hanya saja wasit tetap solid dalam keputusannya untuk mengesahkan gol yang dicetak oleh pemain asal Liverpool tersebut. Gol Firmino berawal dari umpan silang yang dilepaskan Renan Lodi dari sisi kiri, lalu sang penyerang mencetak gol lewat sundulan mautnya. Gol kemenangan Brasil baru tercipta pada menit terakhir lewat gol Casemiro setelah menerima umpan sepak pojok yang dilepaskan Neymar.

Kemenangan tipis melawan Kolombia secara tidak langsung membuat Brasil menyegel posisi puncak klasemen Grup B Copa America. Tambahan tiga poin membuat Brasil telah mengoleksi poin sempurna dengan raihan sembilan angka dari tiga laga yang telah dilakoni. Kesempurnaan Brasil dalam menyapu bersih menyapu kemenangan menjadi tanda dominasi mereka sebagai juara bertahan.

Dominasi juga diperlihatkan Argentina yang masih menduduki singgasana klasemen sementara Grup A Copa America 2021. Lionel Messi masih belum terkalahkan setelah memetik dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga yang dilakoni. Koleksi 7 poin menempatkan Argentina berada kokoh di puncak klasemen sementara Grup A Copa America 2021.

Peluang Argentina untuk bisa lolos ke babak sistem gugur bisa disegel pada laga terakhir saat menghadapi tim lemah, Bolivia. Sementara itu, nasib Uruguay terancam setelah hanya mampu bermain imbang melawan Chile pada laga terakhirnya. Uruguay selamat dari kekalahan setelah Arturo Vidal melakukan gol bunuh diri yang membuat kedudukan berakhir 1 1 melawan Chile.

Gol bunuh diri yang dicetak oleh pemain Inter Milan membuat Uruguay memetik poin perdana dalam ajang Copa America 2021. Uruguay pun berhak mendulang poin pertama setelah menelan kekalahan melawan Argentina pada laga perdana. Peluang Uruguay untuk lolos sebenarnya sulit mengingat persaingan ketat di grup yang mereka huni.

Uruguay saat ini masih mendekam di posisi keempat dengan perolehan 1 poin dari 2 laga yang dilakoni. Dua laga sisa berikutnya yang akan dihadapi oleh Uruguay saat melawan Paraguay dan Bolivia. Kemenangan wajib diraih oleh Uruguay jika tidak ingin mendapatkan penyesalan lantaran gagal lolos babak penyisihan grup dalam gelaran Copa America 2021.

1. Argentina 7 Poin 2. Chile 5 Poin 3. Paraguay 3 Poin

4. Uruguay 1 Poin 5. Bolivia 0 Poin 1. Brasil 9 Poin

2. Kolombia 4 Poin 3. Peru 4 Poin 4. Ekuador 2 Poin

5. Venezuela 2 Poin

Leave a Reply

Your email address will not be published.