Tips Merawat Kamera DSLR dengan Baik

Momen penting yang terjadi dalam hidup bisa diabadikan dengan kamera. Saat ini sudah banyak sekali jenis kamera yang beredar dan bisa Anda gunakan. Salah satu kamera yang bisa Anda gunakan adalah kamera DSLR.

Kamera DSLR ini sangat keren untuk digunakan mengambil foto dan hasil dari jepretannya juga tidak mengecewakan. Harga dari kamera DSLR juga tidak murah jadi Anda harus bisa merawatnya dengan sangat baik. Ini dia beberapa cara supaya kamera DSLR Anda tetap awet:

  • Hindari Air dan juga Kelembapan

Air ini merupakan musuh yang paling utama untuk berbagai alat elektronik tidak terkecuali kamera DSLR. Walaupun kamera suda waterproof tapi sebaiknya tetap batasi terkena dengan air supaya tida cepat rusak. Air yang paling bahaya adalah air yang berbentuk uap, apalagi jika kamera Anda digunakan pada tempat yang tingkat kelembapannya cukup tinggi. Tempat yang lembab ini menganduk banyak sekali uap air yan bisa langsung masuk ke bagian dalam kamera dan membuat kamera jadi rusak atau tumbuh jamur didalamnya. Jadi saat sudah menggunakan kamera sebaiknya Anda bawa tempat kamera supaya kamera terhindar dari air uap.

  • Rawat Baterai

Baterai untuk kamera DSLR ini menggunakan baterai litium yang bisa Anda gunakan terus dengan cara mengisi ulang, tapi jumlahnya cukup terbatas. Biasanya kualitas dayanya akan semakin berkurang jika sudah di charge lebih dari 500 kali. Jadi tidak heran kalau kamera lama pasti baterainya akan cepat habis. Jika sudah bermasalah segeralah ganti baterai kamera Anda dengan baterai yang baru.

  • Bersihkan Lensa

Supaya kamera DSLR Anda ini awet Anda perlu merawat lensanya dengan rajin membersihkannya. Dengan lensa yang bersih maka hasil fotopun akan semakin jernih. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan cairan khusus, ingat jangan gunakan air biasa karena nantinya malah bisa merusak lensa. Cara membersihkannya adalah semprotkan pembersih lensa ke lap mikrofiber yang khusus lalu bersihkan lensa secara perlahan.

  • Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Sebenarnya kamera DSLR ini telah di design untuk bisa tahan dengan suhu tertentum tapi supaya kamera tetap awet sebaiknya hindari menyimpan kamera di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Pada kamera DSLR ini ada sebuah lapisan yang bisa menjaga supaya uap air dan debu tidak masuk langsung ke dalam kamera, nah jika kamera Anda sering terkena sinar matahari secara langsung,sinar tersebut bisa merusak lapisan yang ada di dalam.

  • Jauhkan dari Garam

Air laut ini bisa cukup berbahaya untuk kamera DSLR, karena kandungan garam di dalamnya sangat tinggi. Garam ini bisa merusak komponen logam yang ada pada kamera dengan proses korosi. Apalagi jika kandungan garamnya sangat tinggi. Untuk menghindari korosi sebaiknya bersihkan kamera And ajika Anda sudah melakukan pemotretan di pantai sebelum disimpan kembali.

  • Rawat Tombol Kamera DSLR

Tombol yang ada pada kamera DSLR ini cukup banyak, dan semua tombol tersebut mendukung berbagai fitur yang ada  misalnya untuk mengatur ISO dan Zoom. Supaya semua tombol tetap berfungsi selalu perlakukan tombol tersebut dengan halus dan jangan di tekan dengan kasar.

  • Gunakan Tali Kamera

Tali kamera ini cukup penting guna menghindari kamera Anda jatuk saat sedang digunakan. Anda bisa memasang tali kamera ini di leher Anda dengan cara mengalungkannya. Setiap pembelian kamera DSLR pasi Anda akan mendapatkan strapnya secara gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.